Persepsi : Communication Journal
Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019

Komunikasi Antar Pribadi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Siswa Bermasalah

Hariansyah Hariansyah (SMA Muhammadiyah 09Kualuhhulu, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan komunikasi Antar Pribadi yang dilakukan guru bimbingan dan konseling terhadap siswa yang bermasalah di SMA Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 09 Kualuhhulu, Kabupaten Labuhan Batu. Pendekatan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi dan menghasilkan kesimpulan bahwa bentuk komunikasi antara guru bimbingan dan konseling serta siswa yang bermasalah berupa komunikasi verbalĀ  dan komunikasi nonverbal dengan cara mengkomunikasikan pesannya secara verbal atau dengan lisan melalui program pembelajaran yang telah ditetapkan, sedangkan komunikasi nonverbal antara siswa dan guru terjadi sebagai proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, gerakan tubuh dan sentuhan. Efektivitas komunikasinya memiliki kredibilitas (source credibility). Namun tetap terdapatĀ  faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat komunikasi antarpribadi antara guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa yang bermasalah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PERSEPSI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PERSEPSI: Communication Journal is a media publication manuscript that contains the results of the Field Research communication science applying peer-reviewed. Manuscripts published in the JPersepi: Communication Journal includes the results of scientific research original articles scientific ...