Persepsi : Communication Journal
Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019

Efektifitas Komunikasi Guru Bimbingan Konseling terhadap Perkembangan Kepribadian dan Prestasi Siswa

Surya Surya (MAS Al Washliyah 409, Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Muhammadiyah 22 Kisaran kelas VIII dan IX tahun pembelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 378 orang, sedangkan sampel berjumlah 182 orang. Hasilnya diketahui komunikasi guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan korelasi variabel X (komunikasi guru bimbingan konseling) terhadap variabel Y (perkembangan kepribadian siswa), menghasilkan nilai 0,468, artinya variabel tersebut dalam kategori pengaruh yang sedang. Penghitungan analisis statistik berdasarkan pada teori komunikasi antarpribadi diperoleh hasil atau gambaran bahwa bentuk hubungan antarvariabel penelitian telah sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Hasilnya diketahui komunikasi guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan korelasi variabel X (komunikasi guru bimbingan konseling) terhadap variabel Y (prestasi belajar siswa), menghasilkan nilai 0,326, artinya variabel tersebut dalam kategori hubungan yang lemah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PERSEPSI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PERSEPSI: Communication Journal is a media publication manuscript that contains the results of the Field Research communication science applying peer-reviewed. Manuscripts published in the JPersepi: Communication Journal includes the results of scientific research original articles scientific ...