Persepsi : Communication Journal
Vol 2, No 2 (2019): NOVEMBER 2019

Diskursus Politik Islam dan Kebijakan Ideologis Media Massa di Sumatera Utara

Nirwansyah Putra (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
Faizal Hamzah Lubis (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Stigmatisasi dan labelisasi terhadap imej Islam di media memerlihatkan wacana islamophobia, terorisme, radikalisme hingga fundamentalisme. Di sisi lain, kapitalisasi-industrialisasi media dan perkembangan teknologi komunikasi informasi yang pesat, telah meneguhkan ketergantungan media-media di tingkat lokal ke level nasional dan internasional semakin tinggi. Penyebaran wacana Islam berjalan secara sepihak, terus-menerus dan massif, seperti propaganda. Untuk menyusuri masalah ini, digunakan pendekatan historis-komparatif dan ekonomi-politik. Studi ini memerlihatkan diskursus politik Islam di media merupakan gambaran politik Islam yang terbelah pada pemahaman holistik dan sekuler. Ketiadaan media yang berkonsentrasi pada politik Islam, dan lebih memilih segmentasi umum-sekuler, membuat agenda politik Islam tergantung pada pertimbangan ideologis pemilik dan pilihan segmentasi pasar. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PERSEPSI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PERSEPSI: Communication Journal is a media publication manuscript that contains the results of the Field Research communication science applying peer-reviewed. Manuscripts published in the JPersepi: Communication Journal includes the results of scientific research original articles scientific ...