JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 2, No 1 (2016)

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Wahyuni, Sri (SMAN 1 Kauman-Tulungagung)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pokok trigonometri melalui model pembelajaran kooperatif tipe pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini mencakup: hasil tes, hasil observasi, hasil wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dan observasi menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru pada siklus I sebesar 68,4%, menjadi 94,7% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62,5%, meningkat menjadi 90,6% pada siklus II. Berdasarkan hasil evaluasi tes terjadi peningkatan sebesar 70,8% yaitu 19% pada pre test meningkat menjadi 54% pada siklus I, 91,8% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan ketuntasan pembelajaran matematika pada materi pokok trigonometri, sehingga pembelajaran ini dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...