ABSTRAKPenulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh dari keterkaitan antara konten dengan gambar yang dipilih dan dirancang sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) terhadap keberhasilan pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan semakin tingginya minat pembelajaran Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) baiki bagi calon pengajar maupun peserta didik dari Indonesia maupun turis asing. bahasa Indonesia saat ini semakin tersudutkan oleh bahasa asing di negaranya sendiri. Bahasa Indonesia semakin hari semakin dilupakan. Banyak istilah-istilah asing yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari pada setiap aspek kehidupan. Dengan perancangan media pembelajaran BIPA dalam bentuk deretan gambar yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Kesesuaian pemilihan gambar dengan nyanyian, juga membantu peserta didik dalam pemahaman pengenalan kata, jenis, dan fungsinya.Terbukti dengan tingkat semangat dan motivasi peserta didik yang tinggi serta kaktifan dlaam kegiatan pembelajaran, memicu hasil yang baik atas pemahaman serta pengaplikasian belajar Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA). Dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya penguasaan kosakata Bahasa Indonesia peserta didik serta bahasa baku dalam tindak tutur peserta didik, serta dapat dilihat dari banyaknya hasil belajar berupa karya-karya dari setiap materi pembelajaran. Kata kunci: Teknik, Media, Belajar, BIPA.
Copyrights © 2018