Jurnal Sasindo Unpam
Vol 7, No 1 (2019): SASINDO UNPAM

WACANA KRITIS PADA IKLAN PROVIDER TAHUN 2018

Harninda Rizka Insani (Universitas Muhammadiyah Tangereng)
Nori Anggraini (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ira Anisa Purawinangun (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur mikro dalam analisis wacana kritis pada iklan provider pada tahun 2018 melalui model analisis wacana kritis Teun A. van Dijk pada aspek semantik dan sintaksis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi yang diterapkan terhadap sebuah wacana iklan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dengan cara simak dan catat. Peneliti menyimak rekaman video iklan provider dan mencatat tuturan yang disampaikan di dalam iklan provider. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Tahap reduksi data peneliti menganalisis pada struktur mikro pada iklan provider tahun 2018.Hasil penelitian menunjukkan temuan elemen semantik diantaranya pada elemen latar terdapat 3 temuan, detil sebanyak 1 temuan, maksud terdapat 2 temuan, dan praanggapan sebanyak 2 temuan., pengingkaran 2 temuan, dan kata ganti sebanyak 2 temuan. Kata kunci: wacana kritis, iklan provider

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Sasindo

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Sasindo Unpam merupakan media publikasi penelitian dan kajian pemikiran bidang Sastra, Linguistik, dan kegiatan lainnya yang relevan. Diterbitkan oleh Prodi Sastra Indonesia Universitas ...