Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING

Fakhrur rafiulhaq (Unknown)
Bambang Sudarsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan metode pembelajaran project based learning dalam pembelajaran mata diklat Pemeliharaan sistem bahan bakar bensin, 2) mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar mahasiswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar mahasiswa.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah mahamahasiswa semester 6 Program Pendidikan Otomotif Universitas Muhammadiya Purworejo tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 21 mahasiswa laki-laki dan 1 mahasiswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan motivasi belajar mahasiswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar mahasiswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar mahasiswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi mahasiswa dari pra siklus dengan persentase 53,99% berkategori kurang, naik menjadi 67,78% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 73,90%. Hasil belajar mahasiswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran project based learning berdasarkan persentase mahasiswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 81% pada siklus II.Kata kunci: pembelajaran project based learningmotivasi belajar, hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...