Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER KELAS XI SMK MA’ARIF 9 KEBUMEN

nursodik nursodik (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keaktifan belajar siswa dengan metode Numbered Head Together ( NHT ) pada mata pelajaran kelistrikan otomotif kelas XI otomotif 3 SMK Ma’arif 9 Kebumen tahun pelajaran 2013 / 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI otomotif 3 yang berjumlah duapuluh delapan siswa. Instrument yang digunakan untuk  mengumpulkan data adalah angket keaktifan siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan prosentase keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosentase keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 74,07% atau sejumlah 20 siswa, dan pada siklus II keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 77,78% atau sejumlah 21 siswa.   Kata kunci: keaktifan belajar, Numbered Head Together.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...