Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada Guru yang sudahbersertifikasi dibandingkan Guru yang belum bersertifikasi pada tingkat motivasi rendah danmotifasi tinggi, serta untuk mengetahui interaksi siswa terhadap Guru dan motivasi padakompetensi Pemeliharaan Mesin Otomotif siswa kelas XI SMK Ma’arif 4 Kebumen tahunpembelajaran 2014/ 2015. Eksperimen ini menggunakan Desain Faktorial.Dari hasil analisisvariansi dua sel tak sama dengan signifikasi kesalahan 5% menujukan bahwa Guru bersertifikasilebih baik (mean total: 7,8) dibandingkan dengan Guru yan belum bersertifikasi (mean total: 7,6)dengan sig ρ = 0,000. Sementara pada motivasi tinggi, model pembelajaran Guru bersertifikasilebih baik (mean total: 7,8) dibandingkan model pembelajaran Guru belum bersertifikasi (meantotal: 7,4) dengan sig ρ = 0,013 dan pada motivasi rendah model pembelajaran Guru bersertifikasilebih baik (mean total: 7,26) di bandingkan dengan model pembelajaran Guru belum bersertifikasi(mean total: 7,20) dengan sig ρ = 0,000 dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran danmotifasi (sig ρ = 0,057)Kata Kunci: Guru Sertifikasi Dan Hasil Belajar
Copyrights © 2015