Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Pola kemitraan work based learning diSMK PN2 Purworejo dan Kemitraan SMK PN2 Purworejo dengan dunia kerja dalammelaksanakan pembelajaran work based learning sehingga menghasilkan lulusan sesuai dengankebutuhan dunia kerja. Subjek pada penelitian ini adalah penanggung jawab work based learning,pengelola work based learning, dan pelaksana work based learning SMK PN2 Purworejo. Metodepengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. peneliti menggunakanteknik pengumpulan data yang berbeda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Penelitimenggunakan obserasi, wawancara, dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secaraserempak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analysis Interactive Modeldari Miles dan Huberman (1985: 23) yang membagi kegiatan analisis menjadi beberapa bagianyaitu: pengumpulan data, pengelompokan menurut variabel, reduksi data, penyajian data,memisahkan outlier data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.Berdasarkan analisisdeskriptif menunjukan bahwa prakerin dalam konteks work based learning di SMK PN 2Purworejo belum berjalan sesuai dengan karakteristik work based learning. Belum maksimalnyadalam persiapan prakerin (pembekalan) berupa sosialisasi kepada siswa dan orangtua sehinggasiswa belum menyadari akan pentignya prakerin bagi sekolahan kejuruan sebagai bekalpengalaman masuk ke dalam dunia industri yang merupakan dunia kerja nyata. Kurangnyakeseriusan sekolah menjalankan prakerin terlihat mulai dari monitoring siswa yang belumdijalakan secara maksimal. Evaluasi prakerin sebagai umpan balik untuk prakerin yang telahdijalankan (feedback) dan memberikan informasi yang diperlukan untuk menjalankan prakerindimasa yang akan datang (feedforward) belum maksimal dilaksanakan, mulai dari tes wawancarahingga presentasi hanya sekedar wacana.Kata Kunci : Kemitraan, Work Based Learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015