Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH

PENGGUNAAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 WADASLINTANG

Singgih Haryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan proses penerapan metode Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran sistem bahan bakar konvensional sepeda motor pada siswa kelas XI Siswa SMK Negeri 1 Wadaslintang. (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran sistem bahan bakar konvensional sepeda motor pada siswa kelas XI Siswa SMK Negeri 1 Wadaslintang. (3) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam belajar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran sistem bahan bakar konvensional sepeda motor pada siswa kelas XI Siswa SMK Negeri 1 Wadaslintang. (4) mendeskripsikan peningkatan kerjasama siswa dalam belajar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran sistrtem bahan bakar konvensional sepeda motor pada siswa kelas XI Siswa SMK Negeri 1 WadaslintangJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Wadaslintang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar hasil observasi sebelumnya dan soal tes dan diujikan menggunakan validitas instrumen. Observasi dilakukan dengan mengacu pada lembar observasi. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, yaitu sejumlah pertanyaan dan disusun berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada siklus I, angka ketuntasan siswa naik 12,13% (bertambah 4 siswa dari siklus awal). Dan pada siklus II, angka ketuntasan siswa naik 48,48% (bertambah 16 siswa dari siklus I). Pada siklus I, nilai rata-rata mengalami kenaikan sebesar 5,00 dari studi awal. Dan pada siklus II, nilai rata-rata mengalami kenaikan sebesar 6,67 dari sikulus I (atau bertambah 11,67 dari studi awal). Ketuntasan siswa dalam aktivitas pada studi awal, siswa yang menunjukkan aktivitas belajar 13 siswa atau 39,39%. Pada siklus I, siswa yang menunjukkan aktivitas belajar 17 siswa atau 51,52%. Pada siklus II, siswa yang menunjukkan aktivitas belajar 33 siswa atau 100%. Pada studi awal ke siklus I, aktivitas belajar siswa naik 12,13%. Pada siklus I ke siklus II, aktivitas belajar siswa naik 48,48%; Ketuntasan siswa dalam hal kerjasama pada studi awal, siswa yang menunjukkan kerjasama belajar 11 siswa atau 33,33%. Pada siklus I, siswa yang menunjukkan kerjasama belajar 19 siswa atau 57,58%. Pada siklus II, siswa yang menunjukkan kerjasama belajar 33 siswa atau 100%. Pada studi awal ke siklus I, kerjasama belajar siswa naik 24,25%. Pada siklus I ke siklus II, kerjasama belajar siswa naik 42,42%;Kata Kunci : Number Head Together (NHT), aktivitas, kerjasama, hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...