Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KEMUDI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA XII TKR SMK N 1 PURING TAHUN AJARAN 2016/2017

Rahmadi Kuntoro (Unknown)
Suyitno Suyitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran worm steer menggunakan media stand worm steer. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran worm steer menggunakan stand worm steer dan 3) Pengaruh media pembelajaran worm steer menggunakan stand worm steer terhadap hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan 8 langkah. Subjek penelitian, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 mahasiswa dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran stand worm steer yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi sistem kemudi, di SMK N 1 Puring. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 82.5% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 80.00% dari skor kriterium. Media pembelajaran worm steer juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon mahasiswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 82.00% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 79.00% yang meliputi 25 siswa. Pada hasil belajar siswa menunjukkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media stand worm steer dan yang menggunakan media stand worm steer. Setelah diuji prasyarat analisis data disimpulkan berdistribusi normal dan homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 9,025 > 2.060. Dengan demikian terjadi perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran stand worm steer.Kata kunci : Media Pembelajaran, Stand Worm Steer, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...