Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POMPA INJEKSI PADA MATA KULIAH MOTOR DIESEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Muslim Zuhud Muhibbin (Unknown)
Dwi Jatmoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini mendsekripsikan: 1) Mengetahui penerapan media pembelajaran motor diesel dengan menggunakan pompa injeksi. 2) Mengetahui peningkatan motivasi mahasiswa melalui media pembelajaran pompa injeksi . 3) Mengetahui peningkatan keaktifan mahasiswa melalui media pembelajaran pompa injeksi.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 mahasiswa PTO semester 4 UMP. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes.. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyejian hasil analisis data yang digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Pengaruh media pembelajaran pompa injeksi tipe Distributor Ve pada peningkatan motivasi belajar dari 20 mahasiswa pada mata kuliah motor diesel. Mahasiswa mengalami pengaruh positif terhadap pembelajaran mata kuliah motor diesel menggunakan media pembelajaran pompa injeksi tipe Distributor Ve.2) Pengaruh media pembelajaran pompa injeksi tipe Distributor Ve pada keaktifan belajar dari 20 mahasiswa dalam proses pembelajaran mata kuliah motor diesel. Hasil observasi siklus I, dan siklus II meningkat pada semua aspek. Pada siklus I aspek pertama mahasiswa hadir/mengikuti pembelajaran, terdapat 100% dan pada siklus II, stabil 100%. Aspek kedua mahasiswa bicara sendiri saat proses pembelajaran siklus I, terdapat 40% menurun di siklus II 30%. Aspek ketiga mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen siklus I, terdapat 55% meningkat di siklus II sebanyak 65%. Aspek keempat mahasiswa membaca buku mata kuliah motor diesel siklus I, terdapat 35% siklus II meningkat 55%. Aspek kelima mahasiswa mencatat materi pada siklus I, terdapat 30% meningkaat di siklus II sebanyak 60%. Aspek keenam mahasiswa bekerjasama membongkar dan memasang kembali media pembelajaran motor diesel siklus I, 45% meningkat siklus II 60%. Dan pada aspek ketuju mahasiswa aktif bertanya siklus I, 25% meningkat di siklus II sebanyak 50%.Kata kunci: motivasi, keaktifan dan pompa injeksi distributor Ve

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...