Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajarsiswa dan hasil belajar siswa dengan sebelum dan sesudah pembelajaranTeknologi Dasar Otomotif dengan metode dialektik pada siswa kelas X SMKTBSM 1 Kepil Wonosobo Tahun Akademik 2018-1919.Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalampenelitian ini adalah semua siswa kelas X Jurusan TBSM di Sekolah MenengahKejuruan Negeri 1 Kepil Wonosobo Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 36siswa. Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus mengadopsi dari teoriyang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapdalam setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, kuesioner dan pertanyaantes. Data hasil dianalisis secara deskriptif untuk setiap siklus. Teknik analisis datadigunakan untuk menentukan implementasi pembelajaran dan meningkatkanmotivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotifdengan mata pelajaran Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan Pemadam ApiRingan (APAR).Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode dialektika mampumeningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan kriteria: (a) rajin dalamtugas, (b) tangguh dalam kesulitan, (c) minat pada masalah, (d) senang bekerjasecara mandiri , (e) mengerjakan tugas rutin, (f) mempertahankan pendapat, dan(g) senang menemukan dan menyelesaikan masalah, sambil meningkatkanmotivasi belajar sebesar 12,58%. Metode dialektik dapat meningkatkan hasilbelajar sebesar 14,02%. Selain itu metode dialektik dapat menjadikan peraninstruktur sebagai fasilitator dan membuat siswa lebih aktif dalam belajar.Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Dialektika, Teknologi OtomotifDasar
Copyrights © 2019