E-jurnal Agro-Industri Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2014): E-jurnal Agroindustri Indonesia

STRATEGI PENETRASI PASAR PRODUK PASTA GIGI GAMBIR UNTUK PERAWATAN GIGI ANAK

Lien Herlina dan Sulayman (E-Jurnal Agro-Industri Indonesia) (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2015

Abstract

ABSTRAK Gambir dapat digunakan sebagai antibakteri pengganti fluoride dalam pasta gigi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap pasta gigi anak, penerimaan masyarakat terhadap ide produk pasta gigi gambir, dan merumuskan strategi penetrasi pasar berdasarkan bauran pemasaran yang sesuai untuk produk pasta gigi gambir. Penelitian dilakukan melalui survei purposive sampling terhadap ibu-ibu. Kebanyakan responden belum mengetahui bahaya fluoride dan tertarik dengan ide produk pasta gigi gambir serta bersedia membeli dengan harga sedikit lebih mahal. Strategi penetrasi pasar disusun berdasarkan bauran pemasaran. Dari sisi produk, pasta gigi gambir harus mengedepankan manfaat dan keamanan bagi anak. Saluran distribusi utama adalah dokter gigi dan personal selling. Promosi dilakukan terutama melalui media elektronik yang mengedukasi konsumen tentang manfaat gambir. Harga yang ditetapkan yaitu antara Rp.5.000 sampai Rp.12.000 untuk memperkuat persepsi nilai manfaat yang tinggi.   Kata kunci : gambir, pasta gigi gambir, bauran pemasaran, penetrasi pasar.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

e-jaii

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

e-JAII Series is a quad-annual national referred journal with the objectives to disseminate, explore, develop, and elucidate the knowledge of engineering design and technology in agro-industrial development issues, to keep practitioners and researchers informed on current issues and best ...