Marine Fisheries: Jurnal Teknologi dan Manajemen Perikanan Laut
Vol. 4 No. 1 (2013): Marine Fisheries: Jurnal Teknologi dan Manajemen Perikanan Laut

Pendekatan Fungsi Dan Kelembagaan dalam Analisis Pemasaran Ikan Segar di Maluku Tengah (Functional and Institutional Approach in Analysis of Fresh Fish Marketing in the Region of Central Maluku)

Yolanda M.T.N Apituley (Unknown)
Eko Sri Wiyono (Unknown)
Musa Hubies (Unknown)
Victor P. H Nikijuluw (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini dilakukan di sejumlah pasar ikan segar di Kawasan Maluku Tengah dan bertujuan untuk menganalisis perilaku pasar ikan segar dengan pendekatan fungsi dan kelemba-gaan. Pengetahuan tentang fungsi dan kelembagaan pemasaran berguna untuk mempertimbang-kan bagaimana pemasaran harus dilakukan, mengevaluasi biaya pemasaran akibat adanya perbedaan perlakuan serta mempertimbangkan sifat dan karakter dari pedagang perantara, hubungan agen dan susunan/perlengkapan organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat rantai pemasaran ikan segar di Kawasan Maluku Tengah dan fungsi jual, risiko, biaya dan informasi pasar dilakukan oleh semua lembaga yang ada pada setiap saluran pemasaran. Peran pedagang pengumpul dalam menentukan harga ikan di pasar sangat besar. Strategi pedagang untuk menarik pembeli adalah dengan menambah satu atau dua ekor ikan kepada pembeli. Pedagang jarang menurunkan harga jual ikan, namun ketika satu atau dua ekor ikan ditambahkan kepada konsumen, secara tidak sengaja pedagang telah menurunkan harga jual ikan.Kata kunci: Maluku Tengah, fungsi dan kelembagaan, pemasaran

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpsp

Publisher

Subject

Environmental Science

Description

Aims: MARINE FISHERIES aims to publish an original research focused on technology and management of capture fisheries, such as fishing equipment, management and transportation of fishing vessel, port management, and technology of capture ...