Saraswati
Jurnal Mahasiswa Desain Komunikasi Visual

PERANCANGAN BOARD GAME ADAPTASI CERITA RAKYAT SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Gustopo Galang Wibowo S1 (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2013

Abstract

Perancangan Board Game Adaptasi Cerita Rakyat sebagai Media Edukasi untukSiswa Kelas 3 Sekolah Dasar.Gustopo Galang WibowoGenerasi muda saat ini cenderung kurang mengenal cerita rakyat. Selainkarena cerita rakyat yang kurang populer juga karena kurangnya materi dalambahan ajar maupun media pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran berupaboard game dipilih karena board game merupakan media pembelajaran yangefektif, karena anak merasakan proses belajar sambil bermain saat memainkanboard game sehingga tidak merasa tertekan.Perancangan media edukasi ini dilakukan untuk mendukung pembelajarancerita rakyat bagi siswa kelas 3 sekolah dasar. Perancangan ini bekerja samadengan sekolah Jogja Community School, di mana board game ini nantinya akandigunakan sebagai bahan ajar dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Studi mengenaidasar teori yang terkait dalam perancangan, yang meliputi teori tentangperkembangan anak, teori tentang pembelajaran, teori tentang bermain, teoritentang board game, dan teori tentang cerita rakyat diperoleh melalui studipustaka. Data mengenai target audience diperoleh melalui wawancara kepadaGuru. Data yang diperoleh dari wawancara dan studi pustaka kemudian dianalisismenggunakan teknik 5W+1H, dengan menganalisa permasalahan dari What (apa),Where (di mana), Why (mengapa), When (kapan), Who (siapa), dan How(bagaimana).Cerita rakyat yang diangkat dalam game ini adalah cerita rakyat yangmengandung benda pusaka ajaib yang terkandung dalam unsur cerita dan berasaldari pulau Jawa, total terdapat sebelas cerita rakyat. Proses pembuatan boardgame, pemilihan cerita, pembuatan karakter baik karakter utama maupun karaktercerita rakyat disesuaikan dengan perkembangan anak usia 7-9 tahun, yangkemudian diintegrasikan dengan teori-teori yang diperoleh dalam studi pustaka.Board game yang dirancang bersifat kompetisi dengan jenis memory game.Perancangan desain ini tidak hanya menghasilkan pemecahan masalahterhadap kebutuhan media edukasi untuk cerita rakyat, tetapi juga memberikansaran dan rekomendasi kepada klien untuk dapat mengembangkan lebih jauhboard game “Rimba Pusaka” di masa mendatang.Kata kunci: Board Game, Cerita Rakyat, Permainan, Edukasi.

Copyrights © 0000