Problem based Learning (PBL) merupakan suat u metoda pembelajaran dimana mahasiswa sejak awal dihadapkan pada suatu masalah, kemudian diikuti oleh proses pencarian inform asi yang bersifat student-centered, dengan  PBL diharapkan retensi ilmu mahasiswa m enjadi tinggi dan mampu menerapkan ilmu untuk evaluasi dan mengelola pa sien di klinik serta mampu mengembangkan ilmu kedokteran. Data lulusan Sarjana Kedokteran FK-UMM (lul us tepat waktu yaitu 4 tahun) angkatan 2001 ? 2003 yang menggunakan metode pembelajaran konvensional / subject based pr osentase kelulusannya 24,3 ? 25,7 %, dan da ta Indeks Prestasi Semester (IPS) Genap mahasiswa FK TA 2007/2008 yang menggunakan system pembelajaran problem based learning : IPS (74,5%) < 2,75, (24,5%) IPS 2,76 ? 3,49 dan IPS > 3,5 (0%). dari data tersebut prestasi akademik mahasiswa FK UMM sebagian  besar kurang dari 2,75, untuk meningatkan prestasi akademik mahasiswa FK tentunya perlu input /calon mahasiswa yang baik. Tujuan  penelitian: mengetahui korel asi nilai seleksi calon mahasiswa deng an indeks prestasi akademik mahasiswa FK-UMM. Rancangan penelitian menggunakan penelitian diskriptif analitik dengan pendekatan  cross sectional. Subjek pene litian mahasiswa FK-UMM Angkatan Tahun 2008/2009. Data primer menggunakan: hasil ujian masuk tes-1 (tes skolastik), test -2 (matematika, biologi, fisika , kimia), nilai DANEM/ijazah da n Indeks Prestasi Semester. Analisa data menggunakan uji korela si spearmans. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa nilai ujian masuk tes-1, tes-2 dan nilai Danem/ijazah tidak ada hubunganny a dengan indeks prestasi akademik Mahasiswa FK-UMM.  Kata-kata kunci : Seleksi Calon Mahasiswa, Prestasi Akademik, Indeks Prestasi Semester, Tes Skolastik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2010