Dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasaArab,persoalan kompetensi guru termasuk menjadi salah satu problemutama yang dihadapi oleh lembaga-lembaga pendidikan swastayang mengajarkan bahasa Arab di kota Malang. Dalam penelitianyang pernah penulis lakukan pada tahun 2001 dengan sampelguru-guru bahasa Arab di enam SLTP Muhammadiyah Malangditemukan bahwa tiga problem utama yang dijadapi oleh sekolahsekolahMuhammadiyah kota Malang dalam pembelajaran bahasaArab ada tiga, yaitu: 1) problem kompetensi guru yang kurangstandar, 2) problem minat belajar siswa yang rendah, dan 3)problem kurikulum yang kurang relevan dengan kebutuhan siswa(Abdul Haris, 2001: 46). Ketiga problem ini berimplikasi padarendahnya kualitas siswa dalam menguasai bahasa Arab.Pelatihan ini dihadiri oleh 30 guru bahasa Arab dari 24lembaga pendidikan swasta yang ada di kota Malang. Pelatihan inidilakukan dengan menggunakan pendekatan experiental learningyang melibatkan banyak metode yang praktis memberikanpengalaman dan latihan langsung kepada khalayak sasaran.Dari kegiatan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwapeserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan memilikitambahan wawasan dan pengetahuan serta ketrampilan dalambercakap bahasa Arab dan cara mengajarkannya. Kata Kunci: Peningkatan Ketrampilan Bercakap Bahasa Arab,Metode Pembelajarannya untuk Guru Bahasa Arab.
Copyrights © 2008