Jurnal Dedikasi
Vol 5 (2008): Mei

Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Guru Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah dalam Penanganan Dini Kasus Kedaruratan Medik di Sekolah di Kota Malang

Suswati, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2012

Abstract

Taman Kanak-kanak adalah suatu ’taman pendidikan’yang menjembatani antara pendidikan keluarga dirumah denganpendidikan formal di sekolah. Data Dinas Kesehatan Jawa Baratsetiap tahun, 750.000 anak meninggal karena kecelakaan dan 400juta anak mengalami luka berat. Tahun 1992 angka kematian anakakibat kecelakaan, keracunan dan trauma di Indonesia tercatat7,3% dan merupakan salah satu dari lima penyebab kematian anaktertinggi. Kecelakaan dapat dicegah dan dapat diatasi jika gurutahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan memberikanpertolongan pertama pada kecelakaan atau kegawatan medik.Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah 1) Memberikanpengetahuan tentang pengenalan dan penanganan secara diniberbagai macam jenis kedaruratan medik pada anak TK, 2)Memberikan pelatihan ketrampilan dalam penanganan secara dinidan tepat pada kedaruratan medik pada anak TK.Kegiatan pengabdian ini diperuntukkan untuk guru TamanKanak-Kanak (TK) Aisyiyah di Kota Malang dengan metodeseminar dan pelatihan. Materi seminar tentang kedaruratan bedahdan medik, sedang pelatihan Pediatric Basic Life Support (PBLS)dan keadaan khusus. Evaluasi yang diberikan pada peserta denganmemberikan kuesioner tentang pelaksanaan kegiatan seminarmaupun pelatihan ketrampilan yang diberikan oleh narasumberdan instruktur dan indikator program pengabdian ini adalahpeserta mengetahui berbagai macam kasus tentang kedaruratanmedik dan dapat menangani dengan benar kedaruratan medik pada1 Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malanganak TK sebelum dibawa atau dirujuk ke tempat pelayanan yanglebih lengkapHasil pengabdian menunjukkan bahwa dengan diadakanseminar tentang kedaruratan medik dapat memberikan tambahanpengetahuan tentang bagaimana mengenal dan menangani secaradini berbagai macam jenis kedaruratan medik pada anak TK dandengan memberikan pelatihan secara langsung tentangpenanganan kedaruratan medik anak TK dapat memberikantambahan ketrampilan atau guru lebih trampil dalam menanganisesuai dengan teori dan tidak memperberat kerusakan/kecelakaanyang diderita oleh anak TK dan perlu dilakukan tindak lanjutseminar dan pelatihan untuk materi yang lainnya seperti perilakuhidup sehat, mengembangkan UKS, pengobatan sederhana,makanan yang bergizi dan seimbang untuk anak pra-sekolah,senam balita, pertumbuhan dan perkembangan anak sertapencegahan dan pengobatan tentang beberapa penyakit, serta adakerjasama antara TK Aisyiyah dengan lembaga PengabdianMasyarakat Universitas Muhammadiyah Malang dalammengembangkan ketrampilan baik dibidang kesehatan maupunbidang lainnya agar TK Aisyiyah lebih maju dan mampu bersaingbaik ditingkat regional maupun nasional Kata Kunci: Pengetahuan dan Ketrampilan Guru TK,Penanganan Kedaruratan Medik.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

Dedikasi adalah jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Universitas MUhammadiyah Malang. Jurnal dengan tulisan ilmiah populer ini dimaksudkan sebagai media informasi, komunikasi dan sosialisasi hasil-hasil pengabdian ...