Buletin Studi Ekonomi
VOL.23.NO.1. FEBRUARI 2018 (PP 1-153)

PENGARUH PROFITABILITAS PADA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Wayan Rusmana Putri (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali)
Anak Agung Ngurah Bagus Dwirandra (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh dari profitabilitas pada pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dengan good corporate governance (GCG) dan leverage sebagai variabel pemoderasi. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dengan Moderated Regression Analysis (MRA) dan telah lulus uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh positif pada pengungkapan CSR, namun komposisi komisaris independen tidak berpengaruh pada pengungkapan CSR, sementara hasil uji interaksi menunjukkan bahwa komposisi komisaris independen tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas pada pengungkapan CSR dan diklasifikasikan sebagai homologiser moderasi (moderasi potensial), sedangkan leverage mampu memoderasi (memperlemah) pengaruh profitabilitas pada pengungkapan CSR dan diklasifikasikan sebagai quasi moderasi (moderasi semu). Kata Kunci: Profitabilitas, Komposisi Komisaris Independen, Leverage, Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bse

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Buletin Studi Ekonomi diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang ekonomi. ISSN ...