AbstrakKarakteristik dinamik suatu struktur mesin sangat penting untuk diketahui untuk menghindari getaran yangberlebihan pada struktur tersebut. Karakteristik dinamik tersebut ditentukan oleh frekuensi pribadi,amplitudo dan modus getar. Getaran pada suatu struktur mesin dapat terjadi karena adanya eksitasi baikyang berasal dari dalam maupun dari luar sistem. Jika frekuensi eksitasi berada di sekitar frekuensi pribadisistem maka dapat terjadi fenomena resonansi, yang akan mengakibatkan amplitudo getaran yang tinggi.Amplitudo yang tinggi yang equivalent dengan defleksi dapat mengakibatkan kegagalan pada suatusistem mesin ataupun struktur. Tulisan ini melaporkan hasil kajian secara numerik dan experimentalterhadap karakteristik dinamik suatu model sistim suspensi. Sistim suspensi dimodelkan dan dianalisissecara numerik menggunakan metode elemen hingga dan diuji secara experimental menggunakanperangkat Universal Vibration System (UVS) untuk memperoleh karakteristik dinamik yang meliputifrekuensi pribadi dan amplitudo getaran. Hasil studi menunjukkan bahwa amplitodo makin besar padanodal atau posisi yang makin jauh dari tumpuan pegas.
Copyrights © 2012