JURNAL BISNIS STRATEGI
Vol 12, No 8 (2003): Desember

PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KOMUNIKASI PEMAKAI-PENGEMBANG, KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMPLEKSITAS SISTEM, PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI. VARIABEL MODERATING

Lau, Elfreda Aplonia (Unknown)
Ghozali, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah partisipasi pemakaiberpengaruh pada kepuasan pemakai dan apakah dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem intormasi. Masih banyak temuan penelitian sebelumnya yang kontradiksi. Peneliti mencoba menguji u/ang dengan melakukan pengujian pada lima faktor kontinjensi, sebagaimana yang telah disebutkan. Pengujian hipotesis dilakukan pada 100 responden yang tersebar pada perusahaan besar manufaktur, dagang dan jasa yang ada di wilayah NTT, dengan berfokus pada lima kabupaten yaitu Belu, TTU, TTS, Kupang, dan Ende. Metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis ini adalahregresi linier (Linier Regression) untuk menguji pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Sedangkan untuk menguji lima faktor kontinjensi yaitu dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, sebagai pemoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai digunakan metode MRA (Moderated regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakai. Kedua, pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dimoderasi variabel dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, komplesitas tugas, kompleksitas sistem dan pengaruh pemakai. Ketiga, variabel dukungan manajemen puncak, dan komplesitas tugas sebagai pure moderator, variabel komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai sebagai quasi moderator. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baik bagi para praktisi dalam pengembangan sistem, maupun akademisi, untuk menjelaskan, bagaimana, kapan, dan dimana partisipasi pemakai dlperlukan, agar dapat meningkatkan kepuasan pemakai, dengan mengemukakan sifat hubungan yang dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang berbeda. Selanlutnya disarankan bagi peneliti mendatang untuk menelaah variabel lain yang mungkin berpengaruh pada kepuasan pemakai.

Copyrights © 2003






Journal Info

Abbrev

jbs

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis Strategi ( P-ISSN : 1410-1246, E-ISSN : 2580-1171 ) is an open access and peer-reviewed published by Department of Magister Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Diponegoro, Indonesia. This journal published twice a year (juli and desember). The scope of journal is ...