E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 4 No 1 (2015)

PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE (EI) TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA ADHI JAYA SUNSET HOTEL KUTA, BALI

Putu Wiwin Risa Oktari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)
Made Surya Putra (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2015

Abstract

Bali yang dulunya merupakan pariwisata budaya, kini mulai dilirik sebagai tempat untuk berbagai pertemuan Internasional maupun lokal yang dikenal dengan istilah MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition). Dengan perubahan tersebut, sumber daya manusia dituntut untuk terus menerus mampu mengembangkan diri secara proaktif, dan perusahaan juga harus memiliki sumber daya manusia yang mempunyai tingkat kepuasan kerja yang memadai sehingga pada akhirnya mampu menampilkan kinerja yang baik. Kinerja seseorang dipengaruhi oleh berbagai hal antara lain emotional intelligence yang  terbagi dalam dua dimensi yaitu emotional recognition dan emotional regulation. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh emotional intelligence terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di Adhi Jaya Sunset Hotel, sampel yang diambil sebanyak 75 orang dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 19 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel emotional intelligence berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...