E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 8 No 9 (2019)

PERAN POSITIVE EMOTION DALAM MEMEDIASI PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP IMPULSE BUYING

Ni Putu Triana Mahadewi (Universitas Udayana)
Eka Sulistyawati (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh product knowledge terhadap positive emotion, untuk menjelaskan pengaruh product knowledge dan positive emotion terhadap impulse buying, serta untuk menjelaskan peran positive emotion dalam memediasi product knowledge terhadap impulse buying. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk fashion di Bali. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, yakni sampel ditentukan dengan pertimbangan yaitu responden berkewarganegaan Indonesia yang berdomisili di Kota Denpasar dan Badung yang sudah pernah berbelanja produk Zara. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 130 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa product knowledge berpengaruh positif dan signfikan terhadap positive emotion, product knowledge dan positive emotion berpengaruh positif dan signfikan terhadap impulse buying, serta positive emotion secara positif dan signifikan memediasi pengaruh product knowledge terhadap impulse buying konsumen pada produk Zara. Kata Kunci: product knowledge, positive emotion, impulse buying

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...