Salah satu pembaruan atau inovasi terbaru yang dilakukan Pemerintah yang berkaitan dengan kurikulumpendidikan adalah diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Guru dan sekolah diberikanotonomi untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan potensi, permasalahan, dan kebutuhan sekolah.Penelitian tahap I ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala pengembangan kurikulum yang dialami guru.Metode penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain penelitian Research Development yang dirancangselama dua tahun. Dalam pelaksanaan penelitian tahun pertama ini digunakan pendekatan kualitatif. Subjekpenelitian ini adalah guru bahasa Jawa SMA se-Kabupaten Semecarang. Pengumpulan data dilakukan denganpengamatan dan wawancara. Metode analisis yang dilakukan adalah analisis interaktif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kendala yang ditemukan dalam menyusun KTSP meliputi.unsur pengembangan KD, unsurlife skills, uraian pencapaian indikator siswa, pengalaman belajar, metode, penilaian, pengaturan alokasi waktu.Kata kunci: KTSP, bahasa jawa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2010