Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol 2, No 1 (2014): Juli

PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI KEGIATAN AIRBRUSH BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA DENPASAR

., Ni Putu Eka Yunita Mariyanti (Unknown)
., Drs. I Wayan Sujana,S.Pd, M.Pd (Unknown)
., Drs. I Made Suara, M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik halus melalui penerapan metode pemberian tugas melalui kegitan airbrush berbantuan media sederhana pada anak kelompok B semester II TK Negeri Pembina Denpasar tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B 1 TK Negeri Pembina Denpasar tahun pelajaran 2013/2014. Data perkembangan motorik halus anak dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes (wawancara/percakapan) dengan instrumen lembar wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I diketahui pencapaian perkembangan motorik halus sebesar 46,36% dengan kategori sangat rendah. Sedangkan pada siklus II pencapaian perkembangan motorik halus sebesar 83,86% dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pemberian tugas melalui kegiatan airbrush berbantuan media sederhana dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak kelompok B semester II TK Negeri Pembina Denpasar.Kata Kunci : metode pemberian tugas melalui kegiatan airbursh, media sederhana, perkembangan motorik halus This study aims to determine the improvement of fine motor development through the application of the tasks administration method through airbrush activity simple media-assisted of group B in second semester at TK Negeri Pembina Denpasar school year 2013/2014. This study is a Classroom Action Research. The subjects in this study were children of group B in second semester at TK Negeri Pembina Denpasar school year 2013/2014. Fine motor development data collected using non-test methods (interviews/ conversations) with questionnaires and observation instruments. Data were analyzed using quantitative descriptive analysis techniques. Data analysis is done by comparing the results of the first cycle and second cycle. In the first cycle is known that the fine motor development achievemen was 46.36% in very low category. While in the second cycle the fine motor development achievement is 83.86% in the high category. We can conclude that by applying the tasks administration method through airbrush activity simple media-assisted can improve fine motor development of group B in second semester at TK Negeri Pembina Denpasar school year 2013/2014. keyword : tasks administration method through airbrush activity, simple media-assisted and fine motor development

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...