Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak setelah diterapkan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu huruf pada kelompok B3 semester II di taman Kanak-Kanak Kumara Jaya Denpasar Selatan tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 14 orang Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan kemampuan kognitif pada siklus I sebesar 61,56% (rendah), pada siklus II kemampuan kognitif menjadi 88,39% (aktif). Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan kemampuan kognitif dengan penerapan model pembelajaran make a match dan media kartu huruf sebesar 26,83%.
Copyrights © 2013