Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol 2, No 1 (2014):

PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENTUK

., Komang Srianis (Unknown)
., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS (Unknown)
., Putu Rahayu Ujianti, S.Psi. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk setelah diterapkan metode bermain Puzzle Geometri pada kelompok A semester II di TK PGRI Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 10 orang anak yang terdiri dari 7 laki ? laki dan 3 perempuan. Data penelitian tentang perkembangan kognitif dalam mengenal bentuk dikumpulkan dengan metode observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kognitif dalam mengenal bentuk setelah penerapan metode bermain Puzzle Geometri pada siklus I sebesar 71,50% yang berada pada kategori sedang ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,00% yang tergolong pada kategori sangat tinggi. Jadi, terdapat peningkatan perkembangan kognitif dalam mengenal bentuk pada anak setelah diterapkan metode bermain Puzzle Geometri sebesar 19,50%. Kata Kunci : metode bermain, Puzzle Geometri, perkembangan kognitif The aim of this research was to study the improvement within cognitive development in knowing shape after the application of the playing method Geometric Puzzle to the A group children TK PGRI Singaraja during the second semester in the academic year 2013/2014. This study is a classroom action-based research which was carried out in two cycles with 10 children as the subjects consisted of 7 males and 3 females. The data on the cognitive development in knowing shape were collected by observation method. The data in this reasearch were analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis methods. The result of the data analysis shows that there was 71.50% improvement for the cognitive development in knowing shape after the application of the playing method Geometric Puzzle in the first cycle, which can be categorized as average, then, in fact it was 91.00% in the second cycle as a very high category. Therefore, the improvement for the cognitive development in knowing shape after the treatment was 19.50%.keyword : playing method, Geometric Puzzle, cognitive development

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...