Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol 2, No 1 (2014): Juli

PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK TK MAHA WIDYA I BATUAN GIANYAR

., Ni Putu Loka Eka Putri (Unknown)
., Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd (Unknown)
., Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui penerapan metode bercakap-cakap berbantuan media grafis pada anak kelompok B semester II TK Maha Widya I Batuan Gianyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 orang anak TK pada kelompok B semester II TK Maha Widya I Batuan Gianyar tahun pelajaran 2013/2014. Data penelitian tentang kemampuan berbahasa dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes (wawancara/percakapan) dengan instrumen lembar wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh pencapaian kemampuan berbahasa sebesar 63,5% dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus II pencapaian kemampuan berbahasa sebesar 88,45% dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapkan metode bercakap-cakap berbantuan media grafis dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B semester II TK Maha Widya I Batuan Gianyar.Kata Kunci : metode bercakap-cakap, media grafis, kemampuan berbahasa. This study aims to determine Increasing language skills children through the implementation of the method conversing aided graphic media in children of group B the second semester of kindergarten Maha Widya I Batuan Gianyar Academic Year 2013/2014.This research is Classroom Action Research implemented in second cycle. Subjects in this study were 24 kindergarten children in group B the second semester of kindergarten Supreme Widya I Batuan Gianyar academic year 2013/2014. Data collected research on language proficiency tests using non like interview/conversation and also with the questionnaires and observation instruments. The data obtained were analyzed using descriptive statistical analysis of quantitative techniques. Data analysis is done by comparing the results of the first cycle and second cycle. In the first cycle known achievement of 63,5% proficiency in the low category. While in the second cycle proficiency attainment by 88,45% to a high category. It can be concluded that to apply the method of conversing aided graphic media can improve children's language skills in group B the second semester of kindergarten Maha Widya I Batuan Gianyar.keyword : method of conversing, graphic media, the ability to speak.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...