Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol 1, No 1 (2013): Juli

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF

Dewi, Ni Km Ayu Trisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui penerapan model pembelajaran make a match berbantuan kartu gambar pada anak kelompok A semester II Tahun Ajaran 2012/2013 di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Badung. Jens penelitin ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak Taman Kanak-kanak pada kelompok A Semester II Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 dengan 11 orang anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Data penelitian tentang perkembangan kemampuan kognitif anak dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrument berupa lembar observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan meode analisis deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bawa terjadi peningkatan perkembangan kemampuan kognitif anak dengan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan kartu gambar pada siklus I sebesar 45,90% yang berada pada kategori sangat rendah ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 93,50 % tergolong pada kategori sangat tinggi. Jadi terjadi peningkatan perkembangan kemampuan kognitif anak sebesar 47,60%.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...