Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol 4, No 2 (2016): Agutus

PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL DENGKLENG DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA ANAK KELOMPOK A SEMESTER II TAHUN AJARAN 2015/2016 DI TK KARTIKA VIII-3 SINGARAJA

., Luh Ayuning Sundari (Unknown)
., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS (Unknown)
., Putu Aditya Antara, S.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keseimbangan tubuh pada anak kelompok A semester II di TK Kartika VII-3 Singaraja dengan menerapkan permainan tradisional dengkleng dengan metode demonstrasi . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang mana penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Kartika VII-3 Singaraja semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang. Data penelitian tentang keseimbangan tubuh anak diperoleh dengan menggunakan metode observasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif kualitatif dan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa terjadi peningkatan keseimbangn tubuh pada anak kelompok A pada siklus I sebesar 58% yang berada pada kategori rendah ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89% yang tergolong pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan keseimbangan tubuh anak dengan menerapkan permainan tradisional dengkleng dengan metode demonstrasi pada anak sebesar 31%. Kata Kunci : Permainan tradisional dengkleng, metode demonstrasi, keseimbangan tubuh. This study aims to know the balance improvement in child’s body made by group A studenst of second semester in TK Kartika VII-3 Singaraja with traditional game, namely “Dengkleng” by using demonstration method. This study was designed in form of classroom action reseacrh wich was done in two cycles. The subject of this study was 25 students of group A of second semester in TK Kartika VII-3 Singaraja in academic year 2015-2016. The datas were gotten by using observations wich was analyzed using descriptive statistically and quantitative descriptive statistically. The result of the analysis shown the balance improvement in child’s body of group A in first cycle was 58% that meant was at low level. Mean while in second cycle shown the improvement was 89% that was categorized at high level. Therefore, it shown there was an improvement of the child’s body by applying the traditional game “Dengkleng” with demonstration method was 31%.keyword : Traditional game “Dengkleng”, demonstration method, body balance.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...