Universitas Islam ?45 Bekasi memiliki program wajib membaca Al-Qur?an bernama BTQ. Program ini memiliki sasaran mengentaskan buta huruf untuk seluruh mahasiswa, membantu mahasiswa memahami nilai-nilai Al-Qur?an dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan semangat beribadah wajib dan sunnah, meningkatkan kualitas akhlak mahasiswa yang tercermin dalam perilakunya, dan membantu mahasiswa menghafal surat-surat pendek (Juz ?Amma) dan ayat-ayat Jawahirul dan Durorul Al-Qur?an. Program ini juga menyiapkan mahasiswa agar bisa menjadi imam shalat di lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas komunikasi Tutor BTQ terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an mahasiswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di Universitas Islam ?45 Bekasi. Sampel pada penelitian ini adalah 95 mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan Pearson product moment dan Alpha?s Cronbach dengan teknik analisis data regresi linear sederhana menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian membuktikan bahwa efektivitas komunikasi Tutor memiliki pengaruh sebesar 39,4% terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an mahasiswa, sisanya sebesar 60,6% dipengaruhi faktor-faktor lain seperti fasilitas, hafalan, dan target hafalan.
Copyrights © 2019