MediaTor: Jurnal Komunikasi
Vol 4, No 1 (2003): Merayakan Wacana Kontemporer

Pengaruh Keterampilan Menyimak dan Intelligence Quotient terhadap Prestasi Belajar Siswa

Pien Supinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2003

Abstract

Menyimak (listening), sebagai komunikasi langsung,  merupakan salah satu aspek dari empat perilaku komunikasi insani, termasuk dalam penyampaian materi pada proses belajar mengajar di sekolah. Dalam hal ini, setiap siswa diyakini memiliki keterampilan menyimak yang berbeda di dalam proses belajar mengajar tadi. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan hasil uji koefisien jalur, terdapat pengaruh keterampilan menyimak terhadap prestasi belajar siswa yang signifikan, juga terdapat pengaruh IQ terhadap prestasi belajar siswa yang signifikan. Namun, pengaruh keterampilan menyimak terhadap IQ tidak signifikan. Begitu juga berdasarkan uji analisis regresi, diperoleh hasil yang sama. Adapun pengaruh gabungan antara keterampilan menyimak dan IQ terhadap prestasi belajar sebesar 10,2% saja. Kesimpulan penelitian adalah prestasi belajar ditentukan secara langsung oleh keterampilan menyimak dan IQ. Semakin tinggi keterampilan menyimak dan IQ maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya.

Copyrights © 2003






Journal Info

Abbrev

mediator

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Mediator: Jurnal Komunikasi focuses on communication studies and media. Although centered on communication, Mediator is open and welcomes the contribution of many disciplines and approaches that meet at crossroads with communication studies. Type of writing is in the form of scientific articles (the ...