Perubahan dan perkembangan teknologi informasi pada saat ini menyebabkan persaingan dalam dunia bisnis transportasi semakin ketat, khususnya sepeda motor matic. Ada banyak pemain di industri ini, tetapi hanya dua dari mereka sebagai pemain besar dengan pangsa pasar yang signifikan. Honda Beat dan Yamaha Mio adalah dua merek yang mendominasi industri motor matic. penelitian ini bertujuan untuk membandingkan diferensiasi produk dan citra merek pada motor matic Honda Beat dan Yamaha Mio. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 50 responden Honda Beat, dan 50 responden Yamaha Mio. Metode penelitian yang digunakan analisis komparatif. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis Independent Samples T Test. Hasil analisa menggunakan Independent Samples T Test ditemukan bahwa diferensiasi produk dan citra merek motor matic Yamaha Mio lebih baik dari Honda Beat. Sebaiknya manajemen Yamaha harus terus mempertahankan tingkat permintaan dalam persaingan yang semakin ketat, dan Honda lebih meningkatkan dari sisi desain motor dan strategi pemasaran. Kata kunci: diferensiasi produk, citra merek, persaingan
Copyrights © 2015