JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 6, No 4 (2018): JE VOL 6 NO 4 (2018)

PENGARUH PERIKLANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU TELKOMSEL DI TOBELO

Radjapati, Tifanny Yulianti (Unknown)
Tumbuan, Willem J.F.A (Unknown)
Soepeno, Djurwati . (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Seiring dengan kemajuan dunia teknologi yang semakin berkembang serta perkembangan industri telekomunikasi di indonesia saat ini, maka banyak bermunculan pesaing di industri telekomunikasi. Salah satu operator yang ikut bersaing dalam dunia telekomunikasi adalah telkomsel. PT Telekomunikasi Indonesia Selular (TELKOMSEL) adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan, promosi penjualan dan personal selling terhadap keputusan pembelian kartu Telkomsel di Tobelo. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Kartu Telkomsel di Tobelo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling  yang merupakan bagian dari teknik nonprobability sampling menghasilkan 100 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penellitian kuantitatif. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis secara simultan menunjukkan bahwa periklanan, promosi penjualan dan personal selling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel periklanan, promosi penjualan dan personal selling memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Untuk itu PT. Telkomsel sebaiknya melakukan bauran promosi berupa periklanan, promosi penjualan dan personal selling kepada konsumen supaya dapat memikat konsumen untuk melakukan pembelian Kartu Telkomsel. Kata Kunci : periklanan, promosi penjualan, personal selling dan keputusan pembelian.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...