JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 143-277

PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN BRAND POPULARITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH Di PROVINSI SULAWESI UTARA

Bangkang, Angel Stefanie (Unknown)
Tawas, Hendra N. (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2016

Abstract

Abstrak: Penerapan Pemasaran Politik di Indonesia beberapa tahun belakangan ini santer terdengar dan sangat erat kaitannya dengan Pemilihan Kepala Daerah di Sulawesi Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan promosi terhadap loyalitas merek dengan brand popularity sebagai variabel intervening pada pemilihan kepala daerah di Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada 349 responden. Sampel diambil dengan cara accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa jalur. Hasil penelitian menunjukan Pengaruh Brand Awareness terhadap Brand Popularity secara parsial adalah positif signifikan. Pengaruh Promosi terhadap Brand Popularity secara parsial positif signifikan. Pengaruh Brand Awareness terhadap Loyalitas Merek secara parsial positif signifikan. Pengaruh Promosi terhadap Loyalitas Merek secara parsial positif signifikan. Pengaruh Brand Popularity terhadap Loyalitas Merek secara parsial tidak signifikan. Sebaiknya para kandidat Kepada Daerah memperhatikan peningkatan citra diri termasuk unsur promosi karena dapat meningkatkan loyalitas dari konstituen atau para pendukungnya. Kata kunci: brand awareness, promosi, brand popularity, loyalitas merek, perilaku pemilih

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...