JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 973 - 1089

PENGARUH IMAGE, HARGA, IKLAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PASTA GIGI PEPSODENT DI KOTA MANADO

Edbert, Steven (Unknown)
Tumbel, Altje (Unknown)
Tumbuan, Willem Alfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2014

Abstract

Pasta gigi merupakan kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang. Permintaan terhadap pasta gigi meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Pepsodent merupakan merek pasta gigi tertua di Indonesia dan sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Konsumen cenderung membeli produk yang memiliki image baik. Image tersebut terbentuk dari harga, iklan dan kualitas yang diketahui oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis image, harga, iklan, dan kualitas produk  terhadap keputusan pembelian konsumen produk pasta gigi Pepsodent di kota Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif yang didalamnya menjelaskan pengaruh antar variabel. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan hipotesis serta analisis linear berganda. Populasi penelitian ini adalah warga kelurahan Teling Atas dimana sampel yang digunakan sebanyak 105 responden, dengan menggunakan metode accidental sampling. Hasil analisis secara simultan menunjukkan bahwa image, harga, iklan, dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun image, harga, dan iklan tidak berpengaruh signifikan. Manajemen PT. Unilever sebaiknya tetap mempertahankan kualitas produk karena kualitas sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kata kunci: image, harga, iklan, kualitas, keputusan pembelian

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...