JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 279-394

ANALISIS MEREK, PROMOSI DAN HARGA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI GELAEL SWALAYAN MANADO

Monintja, Reimond Yohanes (Unknown)
Mandey, Silvya (Unknown)
Soegoto, Agus Supandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2016

Abstract

Era globalisasi menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Di tengah persaingan yang semakin ketat, banyak perusahaan menerapkan berbagai macam strategi untuk menarik konsumen agar mau melakukan pembelian. Masing- masing perusahaan harus memiliki strategi untuk memenangkan konsumen dan dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh analisis merek, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada gelael swalayan di kota manado. Sampel penelitian diambil sebanyak 98 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama variabel merek, promosi, dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara parsial Variabel merek berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi dan harga berpengaruh positif  dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaiknya manajemen Gelael Swalayan lebih meningkatkan strategi pemasaran yang dianggap dapat mempertahankan posisi perusahaan di era persaingan ritel yang sangat ketat di kota Manado saat ini. Kata kunci: analisis merek, promosi, harga, keputusan pembelian

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...