Teknika
Vol 8, No 1 (2007)

Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Lyn Jbm Trayek Joyoboyo - Bratang - Medokan Di Kota Surabaya

Ari Widayanti, (Unknown)
Tri Eko Purwanto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2007

Abstract

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Peningkatan jumlah penduduk dan aktivitas ekonomi mengakibatkan pertumbuhan mobilitas masyarakat yang harus didukung oleh prasarana dan sarana khususnya transportasi yang memadai. Banyaknya lyn yang beroperasi dan kemungkinan adanya tumpang tindih rute semakin meningkatkan kemacetan lalu lintas. Keberadaan lyn JBM turut berperan dalam aktivitas masyarakat Kota Surabaya karena banyak melewati pusat aktivitas masyarakat seperti Pasar Wonokromo/DTC dan lokasi bangkitan perjalanan yang lain.Pelayanan yang baik dari sektor angkutan umum sangat dibutuhkan masyarakat. Hal ini mempunyai tujuan supaya masyarakat dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, sehingga dapat mengurangi kemacetan yang terjadi. Untuk dapat menciptakan pelayanan yang baik pada masyarakat, maka perlu adanya evaluasi terhadap kinerja pelayanan angkutan umum lyn JBM.Metode yang digunakan dalam studi ini adalah dengan melakukan survei primer dan survei sekunder. Hasil dari studi ini menunjukkan dari segi frekuensi, pelayanan lyn JBM masih kurang baik dengan nilai frekuensi 1-2 kend./jam. Headway menunjukkan pelayanan yang kurang baik, dengan nilai 30-40 menit, dan Load Factor menunjukkan pelayanan yang baik dengan nilai 27-70%. Waktu perjalanan dari Terminal Joyoboyo ke Pangkalan Gunung Anyar diperoleh 61,8 menit, sedangkan dari Pangkalan Gunung Anyar ke Terminal Joyoboyo sebesar 69,7 menit (sesuai standar ideal yang berlaku). Surabaya as a city is developed continually (from time to time).The development of population and economic activity result the growth of public mobility that  must be supported of good infrastructure and structure of adequate transportation. Many lyn which are operated and possibility of route overlapping increase traffic jam. The existence of lyn JBM partake in activity of Surabaya community because it’s through the central of business district, for example Wonokromo Market/DTC and the other trip generation place.The good service of public transportation is very required by public. This problem has a purpose so that public lessen the traffic jam that happened. To be able to create a good service at public, hence service performance evaluation of public transport of lyn JBM is required.The methode of this studi is by doing primary survey and secondary survey. The result of this study showed that service of lyn JBM is still be unfavourable with frequency value of 1–2 vehicles/hour. Headway also showed unfavourable service with value of 30–40 minutes. And load factor showed good service with value of 27–70%. Travel time from Terminal Joyoboyo to Pangkalan Gunung Anyar is 61,8 minutes, and travel time from Pangkalan Gunung Anyar to Terminal Joyoboyo is 69,7 minutes (according to ideal standart).

Copyrights © 2007