JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1212-1338

SERVICESCAPE DAN PERSONAL SELLING PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN BRITAMA BANK BRI CABANG MANADO

Tumbelaka, Michael (Unknown)
Loindong, Sjendry (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2014

Abstract

BRI sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia harus memperhatikan layanan fisik/ servicescape dan personal selling untuk meningkatkan kepuasan nasabah. Laba yang besar, memungkinkan bank BRI terus melakukan upaya pengembangan layanan dengan menata ulang lingkungan fisik dan merekrut karyawan yang berkualitas untuk meningkatkan kepuasan nasabah BRI. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh servicescape dan personal selling terhadap kepuasan nasabah. Populasi penelitian ini adalah 52.000  nasabah tabungan Britama dan sampel yang digunakan sebanyak 125 orang dengan menggunakan metode accidental sampling. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan hipotesis serta analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan dan parsial servicescape dan personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Bank BRI Cabang Manado sebaiknya lebih meningkatkan layanan servicescape karena berpengaruh lemah terhadap kepuasan nasabah. Kata kunci: servicescape, personal selling, kepuasan nasabah.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...