Pada penelitian ini simulasi aerodinamika menggunakan program CFD (Computational Fluid Dynamics)dilakukan pada model kendaraan simplified bus berdasarkan eksperimen Duell dan George [1999] yang disimulasikanpula oleh Krajnovic dan Davidson [2001]. Pada simulasi ini, digunakan model turbulen k-ε standard dengan berbagaivariasi model diskretisasi pada Pressure, Pressure-Velocity coupling, Momentum, Turbulence Kinetic Energy, danTurbulence Dissipation rate. Tujuannya adalah untuk mencari metode diskretisasi yang terbaik pada kasus simulasiaerodinamika ini. Dalam hal ini, hasil simulasi dari berbagai variasi metode diskretisasi tersebut dibandingkan denganhasil ekseperimen [Duell & George, 1999] dan hasil simulasi menggunakan model LES [Krajnovic & Davidson, 2001].Dari hasil simulasi diperoleh data-data karakteristik aerodinamika berupa drag coefficient (CD) dan liftcoefficient (CL) yang sesuai dengan data eksperimen maupun hasil simulasi LES. Disamping itu visualisasi pola aliranudara disekeliling model simplified bus juga dilakukan untuk divalidasi terhadap hasil simulasi LES. Dari sinididapatkan kode-kode simulasi yang terbaik yaitu model turbulen standard k - e (standard wall function) denganmetode diskretisasi Standard Pressure, SIMPLE Pressure-Velocity coupling, 2nd order Upwind Scheme untukMomentum dan Turbulence Kinetic Energy, serta 1st order Upwind Scheme Turbulence Dissipation Rate.
Copyrights © 2006