JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 7, No 3 (2019): JE VOL 7 NO 3 (2019)

ANALISIS BIAYA KUALITAS DAN BIAYA PEMASARAN DALAM KAITANNYA DENGAN TINGKAT EARNING BEFORE INTEREST AND TAX (EBIT) (STUDI KASUS PADA PT. HASJRAT ABADI TOYOTA MANADO CABANG TENDEAN)

Balau, Yehezkiel (Unknown)
Manossoh, Hendrik (Unknown)
Runtu, Treesje (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2019

Abstract

Abstrak : PT. Hasjrat Abadi Toyota Manado Cabang Tendean yang bergerak dibidang perdagangan dan penjualan kendaraan Mobil merek Toyota dengan dasar kualitas yang bernilai tinggi terhadap konsumennya. Peningkatan kualitas merupakan salah satu aspek penting bagi perusahaan, karena meningkatkan kualitas yang baik maka kepuasan akan terasa oleh pelanggan. Perusahaan perlu memperhatikan aktivitas pemasaran guna untuk keperluan penjualan produk dan jasa yang telah dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan biaya kualitas dan biaya pemasaran dalam kaitannya dengan Earning Before Interest and Tax (EBIT) perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil analisis penelitian biaya kualitas dan biaya pemasaran dalam kaitannya dengan tingkat EBIT yang diperoleh pada PT. Hasjrat Abadi Toyota Manado Cabang Tendean, 3 tahun terakhir 2016-2018 sudah sangat baik. Namun yang memiliki nilai EBIT yang sangat memuaskan terdapat pada tahun 2017 berjumlah Rp. 189.776.812.920. Saran dari penelitian ini  perusahaan diharapkan terus mengontrol biaya kualitas yang dikeluarkan dalam satu tahun berjalan, agar tetap berada dibawah persentase 2.5% sesuai teori Hansen dan Mowen (2009). Begitu dengan biaya pemasaran perusahaan harus melakukan peningkatan kinerja wiraniaga dalam setiap tahunnya agar perusahaan dapat memperoleh profit (EBIT). Kata Kunci : biaya kualitas, biaya pemasaran, penjualan, earning before interest and tax (ebit).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...