JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881

PENGARUH TQM, SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PT. POS INDONESIA

Kumentas, Cynthia N. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2013

Abstract

ABSTRAK TQM merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Selain penerapan TQM, perusahaan juga perlu menerapkan sistem akuntansi manajemen sebagai mekanisme untuk memotivasi dan mempengaruhi perilaku karyawan dalam berbagai cara yang memaksimalkan kesejahteraan organisasi dan karyawan. Sistem akuntansi manajemen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh total quality management,sistem pengukuran kinerja dan sistem  penghargaan terhadap kinerja manajerial pada PT. Pos Indonesia (persero). Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang rsponden dari populasi sebanyak 156 pegawai. Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh nilai 0.273 yang menyatakan tidak signifikan, hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh nilai 0.032 yang menyatakan signifikan. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh nilai 0.191 yang menyatakan tidak signifikan. Dari ketiga variabel total quality management, sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan hanya sistem pengukuran kinerja yang berpengaruh terhadap kinerja manajerial.Kata kunci : TQM, sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...