SOROT: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 6, No 2 (2011)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF DALAM MATA PELAJARAN DISAIN KECANTIKAN SISWA KELAS X SMKN 3 PEKANBARU

Helmiyati, Helmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2011

Abstract

Penelitian tindakan kelas ( classroom action research ) ini terwujud untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif dalammenggambar macam-macam bentuk wajah dan bagian-bagiannya serta model rambut yangsesuai. Setting penelitian ini adalah aktifitas siswa dalam pembelajaran yang dilakukanmelalui diskusi kelompok, tugas gambar kelompok dan tugas gambar individu. Sumberinformasi penelitian ini adalah guru, siswa dan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan duasiklus dengan 3 kali pertemuan, yang diawali dengan pra diskusi 2 kali pertemuan : Hasilpenelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktifitas siswa dan hasil belajar siswasebelum dan sesudah pembelajaran dilaksanakan yang mencakup aktivitas siswa dalampembelajaran, keaktifan siswa dalam unjuk kerja, serta peningkatan hasil belajar siswa danketuntasan kompeten dibidang keahliannya. Selanjutnya diketahui bahwa denganpembelajaran kooperatif memberikan kontribusi yang sangat positif terhadap peningkatanhasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar, hal ini terlihat dari pengamatankolaborator dan analisa data menunjukkan bahwa : hasil belajar siswa meningkat pada siklusI tingkat penguasaan baik hanya 75,67  dan terdapat tingkat penguasaan cukup 24,33 ,sedangkan pada siklus II 16,22 % sangat baik dan tingkat penguasaan baik 83,78 , rata-rata aktifitas siswa dalam pembelajaran ( diskusi ) juga mengalami peningkatan pada siklus Irata-ratanya 71,71 % sedangkan siklus Il naik menjadi 94,23  pada keaktifan siswa ( sikap) di siklus I 83,78  naik menjadi 92,48 . Untuk keaktifan siswa dalam unjuk kerjamengalami kenaikan dari 86,18 % menjadi 94,59%.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

SOROT merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan secara berkala dua kali setahun (April dan Oktober) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau. SOROT merupakan terbitan berkala yang mempublikasi-kan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan ...