BAHASA DAN SASTRA
Vol 13, No 1 (2013): Vol. 13 No. 1, April 2013

MULTIMODALITY: MENAFSIR VERBAL, MEMBACA GAMBAR, DAN MEMAHAMI TEKS

Hermawan, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2013

Abstract

Multimodality: menafsir verbal, membaca gambar, dan memahami teks. Tulisan ini ditujukan khususnya untuk memenuhi dua tujuan utama. Pertama, tulisan ini memperkenalkan dan menjelaskan multimodality sebagai sebuah ‘prosedur analisa’ yang harus digunakan untuk menganalisa teks yang menggunakan lebih dari satu semiotic mode, khususnya yang menggunakan mode verbal dan mode gambar atau imej secara bersamaan dalam sebuah kesempatan penyampaian makna. Kedua, tulisan ini menjelaskan langkah-langkah teknis prosedur analisa multimodality yang dapat digunakan untuk menganalisa teks seperti tersebut dan memberikan contoh penggunaan langkah analisa. Dengan demikian, tulisan ini juga mengeksplorasi manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan ‘prosedur analisa’ ini untuk menganalisa teks. Tulisan ini mendukung argumen yang ditawakan diantaranya oleh Kress dan van Leeuwen (2006), dan Machin dan Myer (2012), yang menyakini bahwa pesan yang disampaikan dengan semiotic mode berbeda secara bersamaan (verbal dan imej) dalam sebuah teks tidak dapat dianalisa hanya dengan alat analisa lingusitik saja, tetapi mengharuskan dua alat analisa yang berbeda yaitu linguistics, dan image analysis tool seperti reading image yang saling mendukung menuju pemahaman makna yang lebih menyeluruh. Bentuk hubungan yang tercipta dari verbal dan imej sebagai dua semiotic mode berbeda dalam sebuah teks juga dipaparkan dalam tulisan ini.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

BS_JPBSP

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA (Journal of Language and Literature Education) is published by Faculty of Language and Literature Education, Universitas Pendidikan Indonesia. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and its teaching and learning. It is published ...