JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1072- 1203

ANALISIS STRATEGI HARGA, DIFERENSIASI PRODUK, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. COLUMBIA PERDANA MANADO

Maneking, Jhon Robert (Unknown)
Lumanauw, Bode (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2015

Abstract

Kebutuhan yang terus meningkat dan pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi, dan persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beraneka ragam. Oleh karena itu perusahaan menjual produknya dengan harga yang relatif tinggi. Namun dilain pihak tidak semua konsumen dapat membeli produk yang ditawarkan perusahaan secara tunai dikarenakan tingkat pendapatan setiap konsumen berbeda. Maka ada beberapa perusahaan mencari alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu cara yaitu menjalankan penjualan angsuran atau kredit. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh strategi harga, diferensiasi produk, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara simultan dan parsial. Jenis penelitian yang digunakan asosiatif. Sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin, sebanyak 91 dari 962 populasi. Alat analisis digunakan Regresi Linier Berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan strategi harga, diferensiasi produk, kualitas produk dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial strategi harga, diferensiasi produk dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sementara lokasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaiknya manajemen PT. Columbia Perdana lebih memperhatikan strategi harga, diferensiasi produk, dan kualitas produk untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.   Kata kunci: strategi harga, diferensiasi produk, kualitas, keputusan pembelian

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...