Asas: Jurnal Sastra
Vol 1, No 1 (2012): asas: jurnal sastra

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING LEARNINGTIPE KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN MEMPARAFRASAKAN PUISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUMBANJULU TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Masta Fransiska Siadari (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2012

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  keefektifan  model  pembelajaranContextual Teaching Learning Tipe Konstruktivisme terhadap kemampuan memparafrasakanpuisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Pembelajaran 2009/2010. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumbanjulu TahunPembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 98  orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalahtes parafrasa puisi dalam bentuk esai tes. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakanuji “t”.Hasil tesn menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,03, sedangkan untuk kelaskontrol 69,03. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebihtinggi daripada kelas kontrol.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...