Asas: Jurnal Sastra
Vol 2, No 1 (2013): Asas: Jurnal Sastra

EFEKTIVITAS METODE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION)TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Yumisnaini Yumisnaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran Investigasi Kelompok(Group Investigation) terhadap Kemampuan Menulis Artikerl oleh Siswa Kelas XI SMANegeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sehubungan dengan itu masalah yangdiangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis artikel yang menggunakan modelpembelajaran Investigasi Kelompok, kemampuan menulis artikel sesudah menggunakanmodel pembelajaran Ekspositori, dan efektivitas Investigasi Kelompok dibandingkan denganpembelajaran ekspositori terhadap kemampuan menulis artikel oleh siswa kelas XI SMANegeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu TahunPembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 180 orang.Sampel penelitian ini diambil 30 siswadengan teknik acak kelas, yakni kelas I-IPA 1.Selanjutnya sampel dibagi dua yaitu 15 siswakelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol.Pengambilan sampel dilakukan denganmenggunakan teknik proporsional random sampling (sampel berimbang).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara atauteknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala yang ada padasuatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk penugasansecara tertulis.Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan menulis artikel yangmenggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013 adalah baik dengan nilai rata-rata 81,00.Kemampuan menulis artikel yang menggunakan pembelajaran Ekspositori oleh siswa kelasXI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013 adalah cukup dengan nilairata-rata 68,67. Selanjutnya penggunaan model pembelajaran Investigasi Kelompok efektifditerapkan dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel siswa kelas XI SMA Negeri 1Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Ini terlihat dari hasil perhitungan uji t diperolehnilai t hitung t tabel (0,05), yakni 5,41 > 2,00.Kata kunci :Efektivitas Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) TerhadapKeterampilan Menulis Artikel

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...