Asas: Jurnal Sastra
Vol 2, No 3 (2013): asas

Pengaruh Strategi Pembelajaran Directed Reading Activity Terhadap Kemampuan Memahami Teks Eksposisi SiswaKelas X SMA Swasta Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014

itje junita regina (prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran directed reading activity terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Swasta Methodist 1 Medan tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 140 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X IPA 2 dan X IPS 1 yang masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Dari pengolahan data diperoleh hasil di kelas eksperimen dengan rata-rata = 80,14 yang termasuk dalam kategori baik, standard deviasi = 9,75, sementara hasil di kelas kontrol dengan rata-rata = 66,71 berada dalam kategori cukup, standard deviasi = 10,55. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 5,46. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=35-1=34 dari df =34 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,46 > 2,03, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan strategi directed reading activity terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Swasta Methodist 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata Kunci: pengaruh, strategi pembelajaran directed reading activity, teks eksposisi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...